Selasa, 20 Maret 2018

7 Jurus Lulus Pretes Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan 2018

Gurudikdas.id ~ 7 Jurus Lulus Pretes Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan 2018 ~ Pretes Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan serangkaian tes awal yang harus dilalui oleh calon peseta PPG dalam jabatan. Pretes berfungsi sebagai tolak ukur kelayakan calon peserta PPG dalam dalam menerima amanah program PPG. Jika guru lulus pretes, maka ia layak untuk mengikuti proram tersebut, demikian juga sebaliknya, jika guru tidak lulus pretes ia dinyatakan tidak layak untuk mengikutinya.

Baca juga :
 
PPG tahun 2018 yang dicanangkan pemerintah melalui Menristekdikti terdiri dari PPG prajabatan 2018 dan PPG dalam Jabatan 2018. PPG Prajabatan diadakan bagi para calon guru. PPG dalam jabatan diadakan bagi para guru.

Lulus PPG dalam jabatan tahun 2018


Bagi para guru sekolah dasar, PPG yang dapat diikuti adalah PPG dalam jabatan. Ujian penentuan calon peserta PPG dalam jabatan disebut pretes. Bagaimana cara lulus pretes Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan? Admin akan berbagi jurus-jursnya. Tidaklah sulit bagi Bapak dan Ibu Guru untuk lulus jika satu per satu jurus dilakukan dengan baik.

1) Jurus lulus pretes PPG dalam jabatan tahun 2018 yang pertama adalah pahami terlebih dahulu apa hakikat program Pendidikan Profesi Guru atau PPG. PPG merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru agar layak mendapatkan sebutan guru profesional. Dasar hukum dari PPG dalam jabatan adalah Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jangan sampai Bapak dan Ibu guru hanya ikut meramaikan tes PPG dalam jabatan sementara Bapak dan Ibu guru sendiri tidak memahami hakikat programnya.

2) Jurus lulus pretes PPG dalam jabatan tahun 2018 yang kedua adalah pahami persyaratan calon pesertanya. Sebelum mengikuti pretes, pastikan Bapak dan Ibu guru memenuhi persyaratannya. Persyaratan calon pseserta PPG dalam jabatan ada 5, yaitu:
  • berstatus sebagai guru aktif dan telah diangkat sebelum tanggal 31 Desember 2015;
  • terdaftar aktif di dapodik per tanggal 31 Juli 2017;
  • memiliki kualifikasi pendidikan Diploma 4 atau Strata 1 yang dibuktikan dengan ijazah D4/S1;
  • berusia maksima 58 tahun pada tanggal 31 Desember 2018;
  • sudah pernah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG).

Jika bapak dan ibu guru merasa memenuhi syarat-syarat tersebut, maka boleh lanjut untuk pretes PPG dalam jabatan tahun 2018.

3) Jurus lulus pretes PPG dalam jabatan tahun 2018 yang ketiga adalah memahami terlebih dahulu alur pendaftarannya. Pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi sim PKB. Mengingat pendaftaran dilaksanakan secara online, bapak dan ibu guru harus selalu mengupdate informasinya melalui internet. Bapak dan ibu guru bisa memanfaatkan gadget.

4) Jurus lulus pretes PPG dalam jabatan tahun 2018 yang keempat adalah meperdalam lagi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik adalah kompetensi yang berkaitan dengan cara mengajarkankan materi kepada siswa. Kompetensi profesional adalah kompetensi yang berkaitan dengan penguasaan materi yang hendak diajarkan. Pretes PPG dalam jabatan berisikan ujian pemahaman mengenai kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

5) Jurus lulus pretes PPG dalam jabatan tahun 2018 yang kelima adah mengasah otak agar terbiasa berpikir mencari solusi atas masalah-masalah pembelajaran. Manusia yang sudah mencapai usia dewasa tidak akan efektif lagi menggunakan teknik belajar dari nol. Selama pretes berlangsung, bapak dan ibu guru hanya perlu memanggil kembali (recall) ingatan yang sudah tertanam dalam alam bawah sadar bapak ibu mengenai konsep-konsep pedagogik dan profesional. Konsep-konsep pedagogik dan profesional yang dimaksud didapatkan selama masa sekolah, kuliah, maupun diklat. Proses memanggil kembali ingatan bukanlah hal yang sulit, selama bapak dan ibu guru terus-menerus memaksa otak untuk bekerja dengan latihan-latihan soal.

6) Jurus lulus pretes PPG dalam jabatan tahun 2018 yang keenam adalah memastikan semua administrasi tes terpenuhi. Jangan sampai pada hari pelaksanaan pretes bapak dan ibu guru lupa membawa salah satu persyaratan administrasinya, lupa membawa kartu peserta tes misalnya.



7) Jurus lulus pretes PPG dalam jabatan tahun 2018 yang ketujuh adalah dengan selalu memperbarui informasi baik secara online (di dalam jaringan) maupun offline (di luar jaringan). Turut serta dalam jaringan komunikasi melaui grup-grup media sosial maupun messanger merupakan cara yang sangat efektif untuk mencari informasi seputar pretes.

Ketujuh jurus jitu tersebut sangat membantu bapak dan ibu guru untuk lulus pretes PPG dalam jabatan. Tidak ada satu jurus pun yang susah, bukan? Selama kita mau dan mau untuk belajar, pretes akan mudah untuk dilalui dan ditaklukkan. Salam guru dikdas.
(*)