Selasa, 20 Maret 2018

6 Langkah Wajib Penyusunan RPP Matematika SD Kurikulum 2013 Revisi 2018

Gurudikdas.id ~ 6 Langkah Wajib Penyusunan RPP Matematika SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 | Selamat datang bapak/ibu guru di website Gurudikdas.id, kali ini admin akan membahas mengenai 9 hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP khusus pelajaran Matematika SD serta 6 Langkah Wajib yang harus dilalui Penyusunan RPP Matematika SD Kurikulum 2013 secara berurutan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan serangkaian rencana yang runtut dari kegiatan pembelajaran yang hendak dilakukan oleh guru di kelas. Definisi RPP sendiri adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru serta referensi lain yang mendukung. Melalui RPP, kegiatan pembelajaran diharapkan berjalan sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai. Guru dapat menuliskan segala tindakan yang diperlukan dalam membelajarkan ke dalam sebuah RPP.
Matematika yang pada kurikulum sebelumnya merupakan sebuah mata pelajaran yang berdiri sendiri, kini berubah menjadi sebuah muatan pelajaran yang memiliki ketergantungan dengan muatan pelajaran lain. Pada Kurikulum 2013, muatan pelajaran matematika semula terintegrasi dengan tema. Namun, seiring dengan pergerakan berkembangnya kurikulum, matematika menjadi muatan pelajaran yang bediri sendiri.

Penyusunan RPP matematika Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip RPP. Prinsip ini mendasari desain dari produk RPP itu sendiri. Dalam pembuatan RPP matematika, guru harus memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Memuat kompetensi dasar (KD) sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan
  2. Memahami bahwa satu RPP dapat digunakan untuk beberapa kali pertemuan
  3.  Perbedaan individu peserta didik harus diperhatikan
  4. Kegiatan pembelajaran harus berpusat pada siswa
  5. Materi harus berbasis konteks
  6. Memiliki orientasi pada hal-hal kekinian
  7. Mengembangkan kemampuan belajar secara mandiri bagi peserta didik
  8. Memuat umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
  9. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Penyusunan sebuah RPP matematika Kirikulum 2013 jenjang SD harus memperhatikan kelengkapan komponen komponen berikut:
1.    Identitas
2.    KI, KD, Indikator Pencapaian Kompetensi
3.    Tujuan Pembelajaran
4.    Materi Pembelajaran
5.    Metode Pembelajaran
6.    Media Pembelajaran
7.    Sumber Belajar
8.    Kegiatan pembelajaran
9.    Penilaian

Identitas pada RPP matematika memuat nama sekolah atau madrasah, nama muatan pelajaran (matematika tentunya), kelas/ semeseter, materi pokok, dan alokasi waktu. KI dan KD pada RPP harus sesuai dengan KI dan KD yang tercantum pada kurikulum. Indikator Pencapaian Kompetensi merupakan turunan dari KD yang dituliskan dengan menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO). Tujuan pembelajaran merupakan penjabaran yang lebih spesifik dari Indikator Pencapaian Kompetensi.

Materi pembelajaran berisikan bahan ajar yang hendak disampaikan kepada peserta didik. Materi pembelajaran dituliskan sebagai kata benda, bukan kata kerja. Contohnya adalah penjumlahan pecahan, bukan menjumlahkan pecahan. Metode pembelajaran mecakup pendekatan, mode, dan metode belajar yang dipakai. Pendekatan yang digunakan pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar adalah pendekatan proses ilmiah (saintifik). Model yang digunakan dapat berupa model penyingkapan masalah (discovery). Metode yang digunakan dapat berupa diskusi, ceramah, tanya jawab, ataupun penugasan.

Sumber belajar merupakan buku yang dipakai dan dijadikan referensi selama proses pembelajaran berlangsung. Media merupakan alat  yang dipakai sebagai penyampai pesan mengenai materi pelajaran yang diajarkan. Media pembelajar matematika SD kurikulum 2013 dapat berupa teks, power point, ataupun video.

Penilaian pada pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai tolak ukur bagi pemahanan siswa terhadap materi yang diajarkan. Dengan diadakannya penilaian, guru akan mengetahui persentase daya serap siswa terhadap materi. Semakin tinggi daya serapnya mengindikasikan semakin bagusnya kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar, demikian juga sebaliknya.

  1. Langkah-langkah menyusun RPP Matematika Kurikulum 2013 SD adalah sebagai berikut:Mengkaji terlebih dahulu silabusnya
  2. Mengkaji buku teks matematika
  3. Mengembangkan kegiatan pembelajaran
  4. Menjabarkan jenis dan teknik penilaian
  5. Menentukan alokasi waktu
  6. Menentukan sumber belajar
Keenam langkah tersebut harus dilakukan secara runtut, tidak boleh terbalik.

Dengan adanya peningkatan kemampuan menyusun RPP Matematika sesuai dengan prinsip, komponen, dan langkah-langkah, guru diharapkan bisa mengembangkan keterampilan dalam menyusun RPP yang menguatkan karakter siswa, menguatkan literasi, serta mengembangkan kompetensi abad 21, dan HOTS. Penyusunan RPP Matematika Kurikulum 2013 di  Sekolah Dasar tidaklah sulit selama memahami rambu-rambu penyusunannya.

(*)